Sabtu, Februari 05, 2011

Wisata di Kabupaten Mandailing Natal

Gunung Sorik Marapi Madina Normal. Pascameletusnya Gunung Merapi di Sleman, Yogyakarta, Pusat  Vulkanologi & Mitigasi Bencana Geologi menyatakan 8 gunung di Indonesia masuk status waspada. Namun, aktivitas Gunung Merapi yang meningkat di Indonesia, tidak mempengaruhi Gunung Merapi Sorik Marapi di Kabupaten Mandailing Natal.



Berdasarkan pantauan petugas pos pengamatan Gunung Sorik Merapi di Desa Sibanggor, Kecamatan Puncak Sorik Merapi, menunjukkan Gunung Merapi aktif tersebut tidak ada peningkatan aktivitas. Petugas pos pengamatan gunung, Kisroh, menjelaskan tidak ada aktivitas berarti dari Gunung Sorik Merapi yang perlu dikhawatirkan. Warga sekitar gunung juga merasa tidak khawatir dengan maraknya letusan gunung seperti yang sering terjadi saat ini.

Salah satu gunung merapi aktif atau gunung tipe A di Indonesia terdapat di Kabupaten Mandailing Natal. Meski dalam beberapa minggu terakhir, sejumlah gunung menunjukkan peningkatan aktivitas, namun gunung Sorik Merapi tetap normal. "Sejauh ini tidak ada pengaruh letusan Gunung Merapi di Daerah Istimewa Yogyakarta atau peningkatan aktivitas gunung lainnya, statusnya masih tetap normal. Memang Gunung Sorik Merapi ini salah satu gunung aktif di Indonesia, tapi kondisinya tetap normal," terang Kisroh.

Meski dalam keadaan normal, menurutnya petugas tetap bersiaga memantau aktivitas gunung ini selama 24 jam sehari. Maraknya letusan gunung dalam beberapa hari terakhir juga tidak mempengaruhi warga di sekitar Gunung Sorik Merapi. Warga terus beraktivitas seperti biasa.Warga mengaku, tidak khawatir dengan Gunung Sorik Merapi meski gunung ini pernah menghancurkan perkampungan di kaki gunung puluhan tahun lalu.

Salah satu warga di kaki Gunung Sorik Merapi, Nuh Lubis, menjelaskan terakhir kali gunung tersebut meletus dalam sekala besar pada tahun 1986 dan semburan materil dari gunung tersebut sampai ke Pasaman, Sumatera Barat. Disini tidak begitu terasa karena arah letusan sebelah sana (bagian timur), yang paling besar terjadi pada tahun 1892 yang menyebabkan sebagian besar penduduk yang tinggal di sekitar gunung tewas," kata Nuh Lubis.
http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=153492:gunung-sorik-merapi-madina-normal&catid=77:fokusutama&Itemid=131

Tidak ada komentar: